Apakah manfaat Internet bagi siswa atau pelajar?

Pada artikel ini akan dijelaskan berbagai manfaat internet yang harus diketahui bagi semua orang khususnya pelajar dalam mendukung dan meningkatkan kegiatan belajar di indonesia. Manfaat internet untuk kalangan pelajar sebenarnya sangat banyak sekali, salah satunya adalah para pelajar dapat dengan mudah mendapatkan materi pelajarannya tanpa harus menggantungkan materi yang diberikan oleh guru. Siswa dapat mencari informasi sendiri apabila mereka belum paham dengan apa yang disampaikan oleh gurunya saat menjelaskan. Dengan begitu wawasan dan pengetahuan siswa akan menjadi lebih luas dan proses belajar pun akan berkembang, tetapi pelajar juga harus tetap berhati – hati dengan sumber yang tidak dapat dipercaya. Pengawasan dari guru tetap harus dilakukan agar pengetahuan dan wawasan yang dibaca oleh pelajar dari internet dapat dipertanggung jawabkan.
Manfaat yang kedua yaitu, internet dapat melatih para siswa atau pelajar di Indonesia agar tidak gaptek atau gagap teknologi, pada dasarnya internet mempunyai daya tarik bagi pelajar agar mau mengenal komputer. Ketertarikan seorang pelajar untuk mengenal komputer terkadang harus didorong dengan hiburan terlebih dahulu, setelah itu baru perlahan – lahan dikenalkan dengan alat – alat pengoperasiannya.
Manfaat ketiga adalah, internet juga dapat dipakai untuk sekolah jarak jauh atau terkadang dikenal dengan sekolah maya atau sekolah online yang menawarkan siswa belajar dengan menggunakan komputer dan koneksi internet. Kini kualitas pembelajaran di sekolah online telah ditingkatkan, dan semakin berkembang pesat. Dengan sekolah online, siswa dapat belajar dari mana saja, dengan begitu siswa yang ingin belajar di negara berbeda tak perlu jauh – jauh pergi ke negara tersebut, mereka cukup mengikuti sekolah online di negara yang mereka inginkan. Hal ini juga memungkinkan bagi siswa untuk mengurangi alasan – alasan tidak sekolah karena berpergian, siswa akan tetap belajar dengan nyaman meskipun mereka sedang berpergian. Namun begitu pelajar harus lebih berhati – hati dalam memilih sekolah online, karena dengan adanya sekolah online jumlah penipuan akan semakin meningkat berhubungan dengan pendidikan online. Pelajar harus mempertimbangkan sekolah online dan menyelidiki secara menyeluruh program apapun dari sekolah online tersebut sebelum membuat keputusan.
Manfaat yang keempat, internet dapat memudahkan siswa saling bertukar pikiran dan berbagi informasi yang mereka dapatkan, sebab di dalam internet terdapat berbagai forum diskusi yang ditujukan khusus pada siswa atau pelajar. Selain menambah pergaulan dan melatih untuk bersosialisasi menjadi lebih baik, forum – forum ini akan memberikan wawasan – wawasan yang lebih mendetail dan lebih lengkap bagi pelajar.
Masih banyak manfaat – manfaat lainnya, yang dapat kita peroleh dari internet, jika kita bahas lebih luas lagi. Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar